Asyiknya Belajar Komitmen Kebangsaan Melalui INLIVESTREAM

PPKn merupakan salah satu mata pelajaran wajib disetiap jenjang pendidikan, harapannya dapat membentuk warga negara yang baik dan bertanggung jawab berdasarkan nilai-nilai Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945.  Menurut Daryono: 2011:11 PPKn merupakan mata pelajaran untuk membina perkembangan moral peserta didik sesuai nilai-nilai Pancasila agar dapat diwujudkan dalam kehidupannya sehari-hari.  PPKn juga merupakan salah satu mata pelajaran yang kurang mendapat tempat dihati peserta didik karena  dianggap sulit dan membosankan , sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik.  Kondisi seperti inilah yang perlu mendapatkan perhatian lebih serius dari para guru PPKn terutama di masa pandemi ini dimana pembelajaran berlangsung melalui Pembelajaran Jarak Jauh atau PJJ .

Untuk dapat mencapai pembelajaran  PPKn yang diharapkan, strategi pemilihan metode pembelajaran tidak dapat dinaifkan.  Dalam PJJ ini dibutuhkan pengembangan dan  inovasi supaya pembelajaran PPKn benar-benar menarik dan menyenangkan sehingga efektif dalam mencapai tujuannya. Pemilihan metode PJJ yang tepat akan memberikan spirit bagi peserta didik untuk mengikuti dan memahami pelajaran. Guru harus mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan ( enjoyable ) dan inovatif  serta kolaborasi media pembelajaran agar pembelajaran tidak monoton dan tetap bisa menghadirkan suasana pembelajaran interkatif antara guru dan peserta. 

Inovasi yang penulis terapkan  untuk menciptakan suasana yang mengasyikkan dan mengatasi kejenuhan peserta didik kelas VIII SMP N 2 Kendal tahun pelajaran 2020/2021 dalam mengikuti PJJ mata pelajaran PPKn pada KD Memperkuat Semangat dan Komitmen Kebangsaan adalah dengan melaksanakan pembelajaran  Interaktif melalui Live Streaming (INLIVESTREAM). Pengertian interaktif adalah hal yang terkait dengan komunikasi dua  arah atau suatu hal yang bersifat saling melakukan aksi, saling aktif dan saling berhubungan serta mempunyai timbal balik antara satu dengan lainnya ( Warsita ; 2008 ). Sedangkan  Live Streaming  adalah jenis streaming di mana audio atau video disiarkan langsung melalui Internet. Media ditransmisikan saat direkam, memungkinkan pemirsa menonton atau mendengarkannya secara langsung.

Pembelajaran melalui Live Streaming dilaksanakan dengan tahap-tahap sebagai berikut: Tahap persiapan, penulis menyampaikan informasi kaitannya pembelajaran melalui live streaming di WAG, membagikan link, serta memberikan arahan kepada peserta didik tentang bagaimana pelaksanaan pembelajaran yang akan dilaksanakan.  Tahap pendahuluan, penulis memulai pembelajaran melalui Live Streaming dengan menyampaikan tujuan pembelajaran, menayangkan materi melalui PPT tentang Memperkuat Semangat dan komitmen Kebangsaan di Masa Pandemi, juga mengajak peserta didik untuk aktif melalui chat dalam menanggapi ataupun mengajukan pertanyaan.  Tahap inti, penulis memberikan stimulus dengan menayangkan 6 gambar untuk diamati peserta didik, yang kemudian menyampaikan pendapatnya melalui chat. Disinilah muncul interaktif dengan peserta didik, dan ternyata partisipasi yang luar biasa dari peserta didik.  Penulis  juga mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk ditanggapi oleh peserta didik.  Tahap penutup, penulis mengakhiri pembelajaran dengan membuat kesimpuan, memberikan semangat dan motivasi peserta didik untuk senantiasa memiliki komitmen yang tinggi untuk menjaga NKRI meskipun di masa pandemi  serta memberikan tindak lanjut dalam bentuk penugasan, yakni membuat laporan pembelajaran melalui live streaming.

Adapun hasil yang penulis peroleh dari pembelajaran melalui live streaming ini  adalah adanya perubahan respon positif dari peserta didik kelas VIII SMP N 2 Kendal yakni :  1) Kehadiran peserta didik semakin meningkat, ini dibuktikan dengan presensi kehadiran yang ditulis di chat saat live;  2) Munculnya keberanian untuk menyampaikan pendapat; 3) Terjalinnya pembelajaran yang komunikatf antara guru dengan peserta didik (interakatif pembelajaran semakin meningkat);  4) Terbangunnya ketertarikan dan suasana yang menyenangkan dalam pembelajaran.*)

*Siti Umi Masruroh, S.Pd (Guru PPKn SMP N 2 Kendal)