SEJARAH/LATAR BELAKANG

Sejarah berdirinya SMP N 2 Kendal diwali mulai dari berdirinya SGB tahun 1951 yang menempati gedung Kejaksaan Negeri Kendal dengan jumlah kelas 1 ruang. Pada saat itu Kepala sekolah dijabat oleh Bp. Kasman Wiryo Hadi Kuswanto.

Berdasarkan SK No. 192/SK/1960 tanggal 1 Agustus 1960 tentang pelimpahan Status dari SGB negeri menjadi SMP Negeri 2 Kendal, adalah awal berdirinya SMP N 2 Kendal secara resmi walau masih sebagai SMP rintisan. Sebagian siswanya kelas II dan III masih berstatus sebagai siswa SGB, sedangkan siswa kelas I sudah menjadi siswa SMP N 2 Kendal.

Tahun 1963 secara resmi SMP N 2 Kendal telah mulai memiliki siswa kelas 1 s.d 3 sejumlah 9 kelas. Kepala sekolah yang menjabat adalah Bp. Sukarno s.d tahun 1967.

SMP 2 Kendal terus mengalami masa kejayaan hingga sekarang dengan melahirkan banyak lulusan yang sukses berkiprah dalam berbagai macam bidang kehidupan bernegara mulai dari para pengusaha, kalangan militer hingga para pejabat pemerintahan.

Dalam usianya yang mendekati 60 tahun, Spero terus berbenah dan menata diri untuk mempersiapkan para generasi bangsa untuk mengisi kemerdekaan negeri ini. Tahun demi tahun SMP 2 Kendal telah mengalami pergantian pimpinan atau kepala sekolah beberapa kali hingga pada masa sekarang berada di bawah pimpinan Bp. Supardi, S.Pd, M.Pd, seorang pemimpin muda yang enerjik dan penuh ide ide brilian demi kemajuan sekolah terfavorit di Kabupaten Kendal. Spero masih bertengger sebagi SMP dengan nilai rata rata UN tertinggi di Kabupaten Kendal dan memiliki siswa peraih nilai sempurna 100 terbanyak di tahun pelajaran 2018/2019. Memiliki semangat SPERO JAYA, SMP 2 Kendal berhasil menjadi satu dari 4 SMP di seluruh Indonesia menjadi sekolah Humanis.

Jajaran top management di Spero adalah:

1. Kepala sekolah : Supardi, S.Pd, M.Pd

2. Waka Bidang Kurikulum : Drs. Ahmad Budisusilo

3. Waka Bidang Humas : Dra. Anita Susanti

4. Waka Bidang Kesiswaan : Nadhirin, S.Pd

5. Waka Bidang Sarana Prasarana : Drs. Suhardi