SPERO ART PARADE

Di kampus Spero-ku, SMP 2 Kendal, sekolah terfavorit di Kab. Kendal. Rindang , Asri dan Sejuk serta Humasnis. Pagi yang dingin ini setelah kotaku semalaman diguyur hujan cukup deras, halaman tengah sekolah sudah digelar matras karet merah yang tebel. Wah enak ini untuk duduk duduk diudara segar terbuka. Yap, hari ini Jumat Seni. Ada gelaran pentas seni, atau anak anak suka sebut Pensi, acara rutin setiap Jumat selain Jumat sehat, Jumat takwa dan Jumat sehat. Ndak tahu ini yang mau tampil kelas mana, atau anak anak pengurus OSIS mungkin? Pas habis apel dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, acara Jumat Seni dimulaiiii…

Tampilan sesi parade pertama, drama kolosal dengan judul “Pembullyan dalam Lingkungan sekolah”. Apresiasi perlu terus digairahkan untuk memompa kreatifitas dan  energi perubahan. Termasuk memberikan kemerdekaan anak mengungkap gagasan. Lewat celotehan tema siswa baru yang kena ejekan baik verbal dan non verbal. Sudah menjadi jamak terkait usaha menghilangkan tindak kekerasan di sekolah. Sandiwara ini penuh makna dan pas untuk dimaknai.

Dilanjutkan dengan Sesi kedua parade seni bersambung. Anak2 dengan menggunakan logika kata2. Termasuk pengalaman dampak buruk game mania dan beberapa tindak kekerasan di lingkungan sekolah yang terus kita hilangkan. Pembacaan puisi penuh makna dan perlu kita apresiasi lewat tepuk tangan dan menyimak dengan serius. Setiap makna kata yang disampaikan. Untaian kata karya anak yang penuh dramatikal dan berenergi.

Dilanjut sesi 3 parade menyanyikan lagu secara kolosal. Lewat  lagu “tolong” karya Budi Doremi. Sungguh sangat menyentuh anak milenial. Dilanjut lagi kedua “Harusnya Aku” karya Band Armada. Dan diakhiri lagu ketiga “Celengan Rindu” karya fiersya Besari. Bercerita tentang LDR dan kisah anak muda.

Nah, ini karya seni teatrikal anak anak kita yang baru belajar. Sempurna? Ya belumlah, tapi wajib kita apresiasi keberaniannya, wong nyiapkannya saja sampai ijin tidak masuk kelas. (Waduhhh). Jadilah Parade Seni Anak2 SPERO. Perlu terus diasah dan diapresiasi. Memberikan ruang untuk berkreasi menjadi kata kunci. Terus libatkan Anak2 dalam pembelajaran secara aktif. Anak adalah sumber inspirasi dan pebelajar yang mau terus belajar. Kita dorong Anak2 SPERO mengembangkan Talentanya. Menabung pengalaman belajar lewat portofolio menyusun naskah drama, menyusun   puisi penuh kata bermakna dan menjiwai lagu genre anak muda.

Ayo terus kita kembangkan menjadi pribadi yang cinta Seni.

Bersama mewujudkan semangat. Dengan Teknologi hidup menjadi mudah, dengan agama hidup jadi terarah dan dengan seni hidup menjadi lebih indah.

* Layanan Pembiasaan Jumat Seni SMPN 2 KENDAL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *